Manfaat Cyber PR (Sosial Media) Bagi Perusahaan

Teknologi saat ini sangat tidak terbendung perkembangannya, definisi teknologi sendiri adalah sesuatu hal yang mampu memudahkan pekerjaan manusia dalam beragam aspek. Dalam komunikasi teknologi begitu berperan penting karena hampir merubah total cara kita berkomunikasi. Dahulu ada komunikasi surat menyurat, berkembang ke pager, telepon kabel, telepon genggam, dan yang paling terakhir adalah sosial media.

Sosial media sendiri adalah sebuah wadah yang disediakan oleh sebuah perusahaan teknologi untuk digunakan pengguna dalam membagikan dan mendapatkan informasi secara instan. Instan yang dimaksud adalah benar-benar terjadi saat itu juga, tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan informasi dari sebuah daerah yang jauh. Kita hanya perlu menghubungkan ponsel atau komputer kita ke Internet dan langsung mendapatkan informasi dari manapun tidak terbatas ruang dan waktu.

Berkat kelebihannya tersebut sosial media banyak digunakan sebagai media untuk berinteraksi secara cepat, mudah, dan dengan biaya yang relatif murah bahkan gratis. Tidak jarang sosial media digunakan sebagai media jual beli oleh banyak pelaku bisnis di dunia.

Berbicara mengenai interaksi yang dapat dilakukan menggunakan sosial media, banyak perusahaan di Indonesia menggunakan sosial media untuk menanggapi keluhan, berinteraksi dengan konsumen, membangun citra perusahaan, dan melakukan promosi produk maupun jasa. Hal tersebut lah yang membuat munculnya istilah Cyber PR (Humas yang dilakukan melalui internet).

Cyber PR sendiri menurut pendapat saya memiliki beberapa manfaat yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuan utamanya, diantaranya adalah:

Menanggapi Keluhan Konsumen Secara Real-Time

Dulu perusahaan berlomba-lomba untuk membuat sebuah situs perusahaan yang memilik banyak informasi penting bagi para konsumennya. Hal itu memang baik, tapi tidak sebaik interaksi yang ada pada sosial media. Interaksi dibutuhkan agar konsumen merasa diperhatikan dan ditanggapi oleh perusahaan. Saya sendiri terkadang tidak begitu ditanggapi ketika melayangkan sebuah email kepada sebuah perusahaan besar, hal itu karena email kadang tidak dibaca berbeda dengan sosial media yang bersifat publish sehingga perusahaan mau tidak mau harus menanggapi keluhan konsumen yang dikirimkan kepada sosial media perusahaan.

Mempromosikan produk/jasa

Hal dasar yang pasti dilakukan oleh perusahaan manapun, yaitu promosi. Sosial media seperti yang telah dibahas sebelumnya memiliki jangkauan yang begitu luas dan tidak dibatasi oleh ruang dimana konsumen tersebut berada. Hal inilah yang lantas dimanfaatkan perusahaan karena dengan mempromosikan produknya di internet, memiliki peluang sangat besar konsumen baru akan berdatangan dan membeli produk/jasa yang ditawarkan. Tidak hanya nasional, hal ini mampu menarik minat para konsumen internasional. Keuntungan perusahaan pun dapat meningkat begitu besar.

Membangun Citra Perusahaan

Biasanya sebuah perusahaan besar memiliki sosial media resmi yang berisikan informasi-informasi tentang kegiatan yang dilakukan perusahaan di lapangan, prestasi yang didapat, serta CSR yang dilakukan. Dengan sosial media perusahaan dapat dengan cepat mempublish kegiatan positif ke sosial media. Hal ini mempunyai satu tujuan, yaitu membangun citra perusahaan. Konsumen yang menjadi follower (twitter) akan mengetahui betapa baiknya perusahaan ini dengan melihat tweet-tweet kegiatan CSR yang dipublish secara real-time ketika acara tersebut berlangsung. Perusahaan pun dapat membagikan informasi menarik sepert tutorial, tips, dan trik sehingga konsumen mendapatkan value lebih dengan memfollow akun perusahaan tersebut. Konsumen akan merasa bahwa perusahaan tersebut memiliki kelebihan tidak hanya menjual produk dan mendapat profit saja, tapi juga memiliki timbal balik perusahaan terhadap konsumennya.

Kesimpulannya, Cyber PR perlu dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan interaksi, citra positif, serta menanggapi konsumen. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan perusahaan menggunakan sosial media. Selain jangkauan yang luas, biaya yang dibebankan pun relatif murah bahkan bisa dikatakan gratis.

Ditulis oleh:

Abdullah Adnan – 1204120162 – Marcomm

Published by

Abdullah Adnan

Seorang pemula di bursa saham. Blog ini adalah jurnal investasi, perjalanan penulis mencapai tujuan keuangan di masa depan.

One thought on “Manfaat Cyber PR (Sosial Media) Bagi Perusahaan”

Leave a comment