Apa itu Charity.fm?

Screenshot 2015-09-16 22.08.05

Media sosial sudah banyak ragamnya. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Ask.FM, Snapchat, Periscope yang tidak ada habis-habisnya untuk diikuti oleh anak muda. Anak muda memang tidak pernah berhenti untuk bereksplorasi, ditambah makin terjangkit fenomena “narsism” dimana media sosial menjadi penyalur yang tepat untuk para kawula muda men-share foto-fotonya, kehidupannya, aktivitasnya sehari-hari. Menarik bukan?

Nah, dari sekian banyak media sosial tersebut, saya tertarik untuk mengulas tentang ask.fm. Ask.fm adalah sosial media global di mana penggunanya dapat membuat akun secara gratis untuk mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya. Situs yang didirikan di Latvia dan diluncurkan pada 16 Juni 2010 ini adalah saingan Formspring, situs dengan konsep yang hampir sama. Ask.fm dapat saling mengirim pertanyaan dengan dapat memperlihatkan nama maupun menyembunyikan identitas akun pengguna atau dengan kata lain anonim. Selain itu, Ask.fm juga dapat  melike jawaban-jawaban dari orang yang kita follow. Pengguna dapat memfollow siapapun tanpa takut diketahui oleh si empunya akun.

Hingga bulan Maret 2015, Ask.Fm sudah di unduh oleh 150 juta pengguna. Situs ini sudah dibeli oleh Ask.com pada Agustus 2014. Pengguna dapat bertemu orang banyak di berbagai belahan dunia, dengan menanyakan apapun langsung ke profile nya. Seperti acara Charity.Fm yang digawangi oleh kawula muda Ask.Fm yang dijuluki sebagai “Seleb Ask”. Sebelumnya kita pasti pernah mendengar julukan-julukan serupa seperti “Seleb Tweet”, “Seleb Gram” dan masih banyak lagi. Begitupun dengan “Seleb Ask” mereka adalah kumpulan anak muda yang digolongkan eksis karena mempunyai likes banyak hingga melebihi 2.000 likes. Ditengah gunjingan, pertanyaan-pertanyaan kasar yang banyak ditujukan oleh sebagian dari mereka, masih ada yang menanyakan sesuatu yang bersifat positif berkaitan dengan kegiatan mereka, hobi, fashion dan mungkin passion yang dirasa sama.

Dari sekian banyak obrolan atau pertanyaan yang dilontarkan oleh sesama “Seleb Ask” ada keinginan yang sama untuk saling bertemu, tak heran karena mereka hanya bertemu di dunia viral online. Keinginan untuk berkumpul tersebut dibalut dengan kegiatan charity atau amal dengan membuka  Garage Sale, Tarot Reading, Fun Talkshow, Live Sketch, dan English Hour yang bertempat di café Never Been Better yang berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan. Pengisi acara dan panitianya adalah para “Seleb Ask” namun semua orang dapat datang ke acara tersebut. Charity Ask.Fm seperti yang diceritakan oleh mereka yang datang kesana berlangsung sangat meriah dan ramai, barang-barang yang dijual di Garage Sale juga habis terjual. Dari Charity tersebut mereka menyumbangkan  70% dana yang terkumpul dari penjualan Garage Sale dan 100% dana yang terkumpul dari Tarot Reading, Live Sketch, English Hour, serta 10% dari pendapatan cafe Never Been Better. Total dana yang berhasil dikumpulkan adalah : Rp 30.737.000 dan Rp 7.000.000 disumbangkan ke yayasan Sahabat Anak (www.sahabatanak.org), sisanya akan disumbangkan secara berkala.

askk

Mereka yang Dijuluki “Seleb Ask”

avatar

Dari Charity.Fm yang sukses digalangkan oleh para penggiat Ask.Fm bernama “Seleb Ask” berhasil membantu banyak anak-anak di Yayasan Sahabat Anak. Terbukti dengan fenomena wikinomics kita dapat melakukan sesuatu yang bermanfaat kepada orang banyak hanya dengan melalui social media, dengan kata lain dapat membuat sekelompok orang dalam jumlah banyak, yang tidak pernah bertemu sebelumnya, menjadi dapat melakukan sebuah kerja sama. Menurut Wikipedia, Wikinomics mengubah cara berpikir tentang inovasi dimana kerumunan orang dapat mengembangkan ide jauh lebih cepat dibandingkan sekelompok orang jenius yang terisolasi, serta dapat menyebarluaskannya dengan lebih cepat lagi. Wikinomics dinilai sebagai salah satu isu baru dalam bidang ekonomi, dan menekankan kolaborasi massa antara pembaca dengan penulis, pembaca bukan lagi sebagai pihak yang pasif, melainkan dapat masuk dalam posisi penulis sehingga tidak adanya batasan yang jelas antara penulis dan pembaca, dan hal tersebut dapat dilihat dengan jelas melalui acara Charity.Fm yang sukses diselenggarakan berkat adanya Ask.Fm

Penulis :

Elizabeth Venta – 12041241314)

Published by

egieligius

Love laugh, sleep, eat, and travelling. "Make it simple" it's not easy than i thought, it's complicated.

Leave a comment